Langsung ke konten utama

Postingan

(Resensi) Jurnalisme Hukum, Jurnalisme Tanpa Menghakimi

RESENSI

Judul Buku: Teknik Reportase & Menulis Berita Hukum; Jurnalisme Hukum (Jurnalisme Tanpa Menghakimi)
Penulis: L. R. Baskoro
Penerbit: CV. PERSADA RAHARJA NUGRAHA
Cetakan: Pertama, 2011
Ukuran: 14 x 21,5 cm
Halaman: 196 hlm

Jurnalisme hukum bukan jurnalisme menghakimi. Ia tidak memiliki wewenang untuk menyatakan seseorang bersalah atau benar. Wartawan bukan hakim. Jurnalisme hukum hanya bertugas menggali dan mencari informasi, memberikannya kepada pembaca, dan pembaca yang menyimpulkan. Wartawan hukum menyampaikan fakta yang ia cari, ia gali dari berbagai narasumber. Tugas seorang wartawan hukum adalah mencari kebenaran dan menyampaikannya secara menyeluruh dengan jujur. Tak ada motif apapun selain menyampaikan dan menggali kebenaran tersebut. Karena itu berita atau tulisan seorang wartawan hukum harus lahir dari sebuah karya jurnalistik tanpa prasangka: Jurnalisme tanpa menghakimi. Berangkat dari hal tersebut, L.R. Baskoro menulis buku “Jurnalisme Hukum, Jurnalisme Tanpa Menghakimi…
Postingan terbaru

Masa Depan Jurnalisme Profesional di Tengah Berkembangnya Jurnalisme Warga

Bencana dahsyat yang melanda tanah rencong lima tahun silam masih membuat siapa pun merinding jika mengingatnya. Tsunami menerjang apa pun yang dilewatinya. Bangunan hancur, ratusan ribu nyawa melayang. Meskipun tidak semua orang mengalami bencana itu secara langsung, namun kita dapat menyaksikan keganasan tsunami Aceh tersebut melalui sebuah video yang dibuat langsung saat kejadian oleh salah satu korban, yaitu Cut Putri. Rekaman gambar yang dibuat oleh Cut Putri yang kemudian bisa disaksikan oleh khalayak umum tersebut adalah sebuah kegiatan yang dinamakan Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga. Jurnalisme warga adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis, serta penyampaian informasi dan berita.[1] Jurnalisme warga adalah kegiatan jurnalisme yang dilakukan oleh orang yang tidak memiliki basic sebagai jurnalis atau wartawan profesional. Lebih jauh lagi Imam suwandi dalam bukunya “Langkah Otomatis Jadi Citizen Journalist…

surat cinta

Lucu sekali ketika kamu sedih dan menangis saat mendapatkan sesuatu yang tidak pernah kamu inginkan dan harapkan, namun ketika kamu harus meninggalkannya justru tangismu lebih keras dan sedihmu lebih mendalam.

“Tuhan menempatkan kita di suatu tempat, bukan tanpa tujuan. Sesuatu terjadi untuk sebuah alasan”  itulah yang dikatakan Mas Fajar di hari pertama PPSMB. Makjlebdotcom hehe. Berasa ditampar. Saat itu aku emang belum tau apa maksut Tuhan nempatin aku di sini, di Fakultas Biologi. Tapi mulai detik itu aku janji, aku harus cari tau :)

Betapa sepuluh bulan telah banyak mengubah hidupku
Gedung yang sangat sederhana, jalanan yang becek kalo hujan, dan kelas yang panas. Justru itulah yang akan aku rindukan, karena di tempat itu, aku bertemu orang-orang yang luarbiasa dan di tempat itu aku belajar segala hal. Terimakasih.

Manja dan keraskepalanya Riana, suara lucu Febi, rempongnya Ica, supersantainya Betta, cerita Bani, dan polosnya Nena (Cuma Nena yang tetep percaya sama aku walaupun ti…

cerita si cabe

Aku suka cabe.

Merah, hijau, rawit, keriting, semuanya. Makan nggak bakal enak kalo nggak ada cabenya. Dimakan langsung, diiris, dibikin sambel. Apapun bentuknya aku suka. Semakin banyak jumlahnya semakin aku lahap makan. -nggak ada cabe nggak semangat makan-

Tapi kamu tau, habis makan cabe perutku sakit, nggak kuat. Semakin banyak makan semakin aku seneng, tapi habis itu pasti semakin sakit aja perutku. Apa aku kapok? Nggak. Mungkin ada saat dimana aku sangat kesakitan sampai berpikir nggak bakal makan cabe lagi. Tapi begitu sakitnya sedikit reda dan kemudian liat cabe, aku pasti luluh. Sakitnya nggak aku rasain, makan pedes lagi, untuk kemudian sakit lagi. Bukannya aku nggak tau ini bakal bikin sakit, tapi gimana dong udah terlanjur cinta, apapun konsekuensinya pasti ditempuh :p boleh dibilang, cabe itu sangat adiktif, buatku. Aku padamu pol mentok deh. Tapi nggak tau, sampai kapan tahan sakitnya.

Ini bukan cuma tentang cabe yang itu. Ini juga tentang cabe yang punya p…

(re-post) Aku Tetap Mencintai-Mu

manusia hanya bisa berencana, kawan..

di tempat les yang keterlaluan seseknya dan udara yang panas membara, temen sampingku makan burger! karena laper biyanget dan emang dasarnya pinginan, aku berniat pokoknya habis les harus langsung capcus beli burger! daritadi udah ngiler.. ternyata di luar kelas panasnyaaa memikat memesona bgt, pas jam 12 siang lagi.. woohooo beli jus oke juga, pikirku.

burger idaman udah di tangan, jus apel nan segar pun sudah siap. naek motor lagi, dan panas nya tambah menggilaa. pikiranku udah melayang layang, nanti sampe rumah sholat, nyalain kipas angin, duduk manis di dpan TV, sambil makan burger dan jus apel.. pasti seger bgt!indahnyaaaaa :)

sampe rumah, dg riang gembira aku masukin kunci ke pintu.. tapiiii pintunya gabisa dibukaaaa! kuncinya gakbisa muter karena sepertinya ada kunci lain di dalem.. dan gak ada yg bisa disalahin kan karena ini. aaaaaa tibatiba nangis aja gitu aku :o garagara ngayal ketinggian, dan aku mikir pasti bakal kejadian...

sambil ma…

y e l l o w :)

Look at the stars,
Look how they shine for you,
And everything you do,
Yeah they were all yellow,

I came along
I wrote a song for you
And all the things you do
And it was called yellow

So then I took my turn
Oh all the things I've done
And it was all yellow

Your skin
Oh yeah your skin and bones
Turn into something beautiful
D'you know you know I love you so
You know I love you so

I swam across
I jumped across for you
Oh all the things you do
Cause you were all yellow

I drew a line
I drew a line for you
Oh what a thing to do
And it was all yellow

Your skin
Oh yeah your skin and bones
Turn into something beautiful
D'you know for you i bleed myself dry
For you i bleed myself dry

Its true look how they shine for you
look how they shine for you
look how they shine for you
look how they shine for you
look how they shine for you
look how they shine
look at the stars look how they shine for you
kemarin makan di S* sama anak-anak galau, sebut saja nisa adit pram sanka. kepala pusing,…
"percayalah sama dirimu sendiri, AJENG DEVITA MARTIAN ITU ORANG YANG LUAR BIASA ! yakinlah dengan apa yg kamu jalani sekarang, lakukan dengan ikhlas, jangan takut untuk memilih dan menentukan, tetap berdoa untuk memohon kekuatan, doa- doa orang sepertimu, orang yg bisa membahagiakan sekitarmu, doa yang akan Tuhan kabulkan"

kalo kamu ada di deket sini sekarang, pasti langsung tak peluk sampe nggak bisa napas.
terimakasih Tuhan, Engkau telah memberiku hidup yang luar biasa. tidak selalu lancar dan menyenankan. sering ngerasa banyak masalah malah. tapi bersama dengan masalah-masalah itu, Kau datangkan juga sahabat. yang tidak hanya membawaku keluar dari segala ke-menye-an ku, tetapi bahkan mengangkatku ke tempat yang jauuuuuh lebih baik.
doaku, semoga dia selalu bisa tersenyum. semoga aku bisa memberi seperti apa yang sudah dia beri. dan berilah dia hari-hari yang menyenangkan.